Posted on 21.18

Android, Meego, Windows Mobile dll

Android   adalah sebuah sistem operasi mobile yang diperuntukan bagi smartphone dan komputer tablet. Android OS yang bebasis linux kernel ini dikembangkan oleh Open Handset Alliance dibawah bendera Google. Banyak developer independen di seluruh dunia (termasuk Indonesia) yang mengembangkan aplikasi-aplikasi Android dan menguploadnya di Android Market, dengan tujuan aplikasi-aplikasi tersebut dapat didownload oleh para pengguna smartphone yang berlogo robot hijau ini. Android terdaftar sebagai smartphone dengan angka penjualan terbaik pada kuartal 2010 tercatat lebih dari 200 juta perangkat Android berhasil dijual. Dengan banyaknya developer independen membuat teknologi Android OS berkembang dengan pesat. Dalam empat tahun terakhir (rilis tahun 2008) Android berhasil merilis versi terbaru mulai dari : Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb dan yang terbaru Ice Cream Sandwich. Smartphone yang menggunakan Android OS adalah Samsung Galaxy, Samsung Galaxy Nexus dan lain sebagainy

Kelebihan =
 Berbaigai Macam Aplikasi & Game Dapat di Unduh Dengan Mudah. Untuk masalah aplikasi dan game, android menyediakan berbagai macam aplikasi dan game yang sudah di sediakan di Google Plya yang memang merupakan temapt utama penyedia berbagai macam aplikasi dan game dengan segala genre khusus android. Untuk bisa mengunduh game lewat perangkat android anda, di wajibkan untuk memiliki akun
   Open Source System operasi android ini memang merupakan system operasi android Open Source yang dapat di kembangakn oleh siapapun.Anda juga dapat membuat aplikasi android sendiri jika memang anda bisa. Aplikasi yang di sediakan di Google Play tersebut merupakan pengembangan dari semua orang di dunia ini yang kemudian di upload ke google play
Kekurangan
 Boros Baterai
Konsumsi daya baterai yang di gunakan android memang terbilang boros, jika anda menuikmari signal 3G maka akan semakin cepat dalam konsumsi baterai. Tapi sekarang kini telah banyak di sediakan aplikasi untuk mengatur pemakaian daya baterai supaya semakin awet.
 Iklan Yang Selalu Muncul
 Jika kita menginstal aplikasi gratisan pada android, maka dapat di pastikan akan selalu muncul iklan yang menggangu kita. Iklan tersebut akan selalu muncul meskipun dalam keadaan tak tersambung dengan internet.

Meego adalah sebuah sistem operasi mobile yang berbasis linux dan sebuah proyek open source alias gratis. MeeGo dikembangkan untuk berbagai perangkat keras seperti netbook, komputer tablet, nettops (dekstop komputer yang berbentuk lebih kecil), in-vehicle infotaiment devices (perangkat infotaiment dalam kendaraan), smartTV, smartphone dan lain sebagainya. MeeGo OS merupakan OS yang terhitung baru dan diperkenalkan pada Mobile World Congress tahun 2010 dan yang memperkenalkan adalah Intel dan Nokia.

Kelebihan =

Hadir dengan dukungan browser HTML5 terbaik
Mampu menjalankan semua aplikasi yang sudah ada pada sistem operasi Android

Kekurangan =

Masih membutuhkan pengenalan kepada publik untuk mendapatkan respon positif
Masih membutuhkan sosialisasi dan diferensiasi fungsi serta produk untuk membedakan dengan kompetitor yang sudah ada sebelumnya.
 Windows Mobile merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft, produk Mobile Windows seperti Sagem myS-7, O2 Xphone dll. Sistem operasi yang berhasil dikembangkan dan diaplikasikan mulai dari Pocket PC 2000 hingga Windows Mobile versi 6.5.5. Meskipun ada beberapa kelebihan seperti fitur GPS, dapat menonton televisi, mobile blog, mobile database namun kelemahan dari Windows Mobile adalah minim developer independen. Karena pihak Microsoft yang menerapkan peraturan bahwa Windows Mobile bersifat tertutup. Hal ini tidak menguntungkan bagi pasar Windows Mobile karena produk mereka yang minim developer berakibat pada minimnya aplikasi-aplikasi yang dapat dikembangkan. Sehingga Windows Mobile kalah bersaing dengan smartphone lain, terutama bagi vendor yang menerapkan sistem terbuka bagi developer manapun yang bersedia mengembangkan sebuah sistem operasi, seperti Andorid.

Kelebihan =
a.    Windows Phone 8 mempunyai tampilan User Interface yang keren, Karena inilah saya suka memakai windows Phone 8. Aplikasi-aplikasi seperti Twitter, Facebook, Fouquare dan aplikasi yang lainnya mempunyai tampilan yang menarik.
b.    Pada tampilan Start Screen bisa diatur sesuai selera. Meskipun Windows Phone tidak mendukung adanya wallpaper, tetapi Start Screen yang dipenuhi Live Tiles Cukup menarik dan memanjakan mata pengguna yang menggunakannya.
c.    Lebih mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi karena Multitasking.
d.   Sangat cocok untuk orang yang suka eksis di jejaring sosial, karena adanya aplikasi People yang menggabungkan semua aplikasi jadi satu. Jadi cukup membuka aplikasi ini, maka update terbaru dari teman twitter, facebook, dan likedin akan tampil secara bersamaan.

Kekurangan =
a.    Masih sedikitnya pilihan aplikasi. Hal ini mungkin karena Windows Phone 8 masih tergolong baru sehingga koleksi aplikasi yang tersedia pada Windows Phone store  masih minim.
Update: Saat ini aplikasi yang dahulu hanya tersedia untuk iPhone dan Android saat ini sudah banyak bermunculan di Windows Store.
b.    Jika dibandingkan dengan OS yang lain update aplikasi pada Windows Phone 8 agak lama.

Terima Kasih : http://yulindardis.blogspot.com/ Read More

0 Responses to Android, Meego, Windows Mobile dll

Posting Komentar